Home e-Warta Renungan Sepekan (read more…)

Renungan Sepekan (read more…)

by Alvin

Mimetai

Kata ini digunakan oleh Paulus dalam 1 Kor 11:1. LAI menterjemahkannya dengan kata ‘Ikutlah’, dan dalam bahasa Inggris yaitu ‘Imitate’. Saya percaya Paulus tidak hanya mengucapkan kata ini dengan sembarangan sebab kata ini mengandung sebuah tanggung jawab yang tidaklah kecil.
Mungkin ada orang yang bertanya, apa untungnya jika saya mengikuti anda? Bagaimana saya tahu kalau anda akan menuntun saya pada yang benar? Orang bisa berubah, jangan-jangan anda berubah ketika kita berada di tengah perjalanan, apa jaminan saya bahwa anda tidak akan berubah? Bisa begitu banyak pertanyaan yang muncul ketika kita diminta mengikuti seseorang.

Paulus menyadari bahwa tidaklah mudah membawa seseorang untuk mengikuti dirinya namun Paulus membuktikan dirinya terlebih dahulu. Dia telah mengikuti Kristus baik dalam suka maupun duka. Ia lakukan sebab dia mengenal dan percaya siapa yang dia ikuti.

Jadi dalam hal ini, Paulus menggunakan kata mimetai untuk membawa setiap kita semua melihat kembali apakah kita sungguh-sungguh mengenal dan percaya kepada Kristus. Tanpa pengenalan dan kepercayaan itu maka kita akan mengalami kesulitan dalam pengiringan kita kepada Kristus. Mari kenali Tuhan kita dan percayalah sehingga kita dimampukan dalam mengatakan ‘mimetai’ kepada orang lain.

Tuhan Yesus memberkati
by Ps. Redy Stevanus

Related Posts