Home e-Warta Renungan Sepekan (read more…)

Renungan Sepekan (read more…)

by Alvin

Impactable Me
“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16)

Dalam pelajaran fisika, kemagnetan adalah suatu daya tarik yang mempengaruhi benda lain. Suatu contoh, sebuah besi kecil digosokkan secare terus menerus pada magnet batang. Di lain sisi ada sebatang besi kecil yang tidak digosokkan ke magnet. Nah, apakah yang akan terjadi? Besi kecil yang tak digosok tadi tertarik oleh besi yang sudah terpengaruh dengan magnet. Di sini kita melihat ada suatu pengaruh yang ditunjukkan oleh magnet dan besi tadi.

Begitu pula dalam kehidupan kekristenan. Tuhan menginginkan setiap orang percaya memiliki kehidupan yang berdampak atau berpengaruh bagi dunia. Dampak atau pengaruh yang dimaksudkan adalah positif, bukan negatif. Dengan kata lain kita harus bisa memengaruhi orang-orang sekitar melalui teladan hidup yang positif dan menjadi berkat bagi mereka.
Suatu pengaruh memberikan sebuah nilai, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi orang lain. Sebagai anak-anak Tuhan sudah sepantasnya kita memberi pengaruh bagi sekitar kita. Kita bisa mempengaruhi orang lain melalui sikap kita, keadaan kita, perkataan kita dan kehidupan kita sehari-hari.

Tentunya pengaruh yang kita berikan harus baik dan positif, dimana kita bisa menerangi orang lain dan pasti orang lain juga akan tanggap terhadap pengaruh kita itu.

Sebuah contoh perubahan yang sangat nyata di dalam PB adalah kehidupan seorang kepala pemungut cukai bernama Zakheus. Saudara bisa bayangkan sebagai kepala pemungut cukai dia tentu adalah seorang yang tamak, arogan dan tidak peduli dengan orang lain. Tetapi setelah menerima Yesus, Zakheus yang tamak akan uang kini berubah menjadi seseorang yang dermawan, Zakheus yang arogan kini berubah menjadi menjadi seseorang yang penyayang, dan Zakheus yang cuek dan tidak peduli kini berubah menjadi seseorang yang mau mengasihi. Kehidupan seperti inilah yang diharapkan oleh Tuhan mampu memberikan hidup sebagai berkat bagi banyak orang.

Bersediakah kita membuka hati dan membiarkan Roh Kudus bekerja mengubah hidup kita setiap hari? Kiranya Tuhan mau menolong kita untuk menanggalkan yang lama dan menggantinya dengan yang baru dan menjadi berkat bagi sesama kita. Oleh karena itu marilah jadilah terang yang memberikan dampak bagi dunia dan sekitarmu.

Tuhan Yesus memberkati
by Pdt. Ria Susanti

Related Posts