Home e-Warta Renungan Sepekan (read more…)

Renungan Sepekan (read more…)

by Alvin

Dulu sewaktu saya masih duduk di bangku SMA, saya menjadi panitia dalam kegiatan kamping Pramuka. Saat kami menyelesaikan kegiatan yaitu KTK (Kerajinan Tangan Kesenian), banyak sekali sobekan kertas-kertas dan tumpahan cat minyak di lantai. Waktu itu kami tidak terlalu memperdulikannya, namun pembina kami marah dan meminta kami untuk membersihkan seluruh peralatan dan sampah-sampah dari kegiatan kami. Waktu itu saya hanya berpikir bahwa kebersihan menjadi tanggung jawab kami sebagai murid, namun tidak terpikirkan bahwa membersihkan sampah-sampah tersebut adalah untuk tetap menjaga lingkungan yang baik dan bersih.

Apakah menurut kalian menjaga lingkungan bersih dan melestarikannya adalah hal yang harus kita lakukan? Bukankah sudah ada tukang sampah atau tukang bersih-bersih yang membantu menjaga lingkungan?

Nah, jika kita telusuri di alkitab, ada 2 cekpoin dimana kita sebagai manusia harus melestarikan dan mengusahakan bumi kita lho! Yang pertama, dikatakan di Kejadian 2:5 “belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi,  dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu”. Pada kalimat belum ada orang yang mengusahakan tanah itu mengartikan bahwa pada dasarnya akan ada orang yang mengusahakan tanah tersebut. Lalu setelah Allah menciptakan Adam dan menempatkan di taman Eden, di cekpoin kedua inilah Allah meng-konfirmasikan bahwa manusia pertama untuk “mengusahakan dan memelihara taman itu”. (2:15)
Bumi ini adalah bagian dari ciptaan Allah yang luar biasa dan patut kita syukuri. Kita sebagai manusia tidak boleh egois karena bukan hanya kita semata yang tinggal di bumi ini. Perbuatan-perbuatan kita yang tidak perduli dengan lingkungan akan merugikan orang lain dan anak cucu kita lho!

Lalu, jika kita perhatikan di kita Mazmur 104 mengenai Kebesaran Tuhan dalam segala ciptaan-Nya, segala ciptaan Tuhan sangatlah indah dan memiliki fungsinya masing-masing yang menguntungkan satu dengan yang lain. Mulai dari tumbuhan terhadap hewan, tanah dan manusia dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, mari kita bersama-sama belajar untuk bersyukur atas segala ciptaan Tuhan di bumi ini dengan menjaga kelestariannya dan saling mengingatkan satu sama lain bahwa ciptaan Tuhan yang mulia ini patut untuk kita jaga dan kembangkan.

Tuhan Yesus memberkati
by Alvin Jehian

Related Posts