Home Featured Renungan “hari ke-7 menuju Pentakosta”

Renungan “hari ke-7 menuju Pentakosta”

by Alvin

“ROH KUDUS BAGI ORANG YANG BELUM PERCAYA”

Dalam KeTritunggalan Allah, Alkitab mengajarkan bahwa di setiap pekerjaan ilahi, maka Bapa, Anak, dan Roh Kudus bekerja bersama-sama. Pekerjaan itu antara lain menciptakan alam ini beserta isinya, menebus manusia dari dosa, dan menyelamatkan manusia. Kita melihat peranan Allah Tritunggal sebagai berikut: dalam tiap-tiap pekerjaan Allah, maka kuasa untuk menciptakan berasal dari Bapa; kuasa untuk mengatur berasal dari Anak; dan kuasa untuk menyelenggarakan atau menyempurnakan berasal dari Roh Kudus. Oleh sebab itu dalam pekerjaan ilahi, bagian atau tugas Roh Kudus ialah menggenapkan apa yang dimaksudkan oleh Bapa dan yang diatur atau dilaksanakan oleh Anak– (Roma 11:36; 1Korintus 8:6, Efesus 2:18).

Apakah Roh Kudus tidak bekerja di dalam diri orang yang belum percaya? Sudah jelas dalam Alkitab bahwa ada tiga macam peranan Roh Kudus di antara mereka yang belum percaya:

 Roh Kudus menahan kejahatan sehingga kehendak Allah digenapkanbdalam dunia ini (2 Tesalonika 2:7), menempelak isi dunia ini tentang dosa, dan kebenaran dan hukuman (Yohanes 16:8-11), dan

 Roh Kudus menyaksikan tentang kebenaran yang ada dalam Yesus Kristus, serta menyatakan kebenaran pengabaran Injil dan kesaksian tentang Kristus (Yohanes 15:26,27; 14:16,17; Kisah 5:30-32, 2:4,37).

Melihat dunia di sekitar kita dan mengingat orang-orang yang kita kenal, adakah di antaranya yang belumpercaya? Bagaimana Saudara akan berdoa dan bekerja sama dengan Roh Kudus untuk membagikan kabar baik kepada mereka?

-MB-

Related Posts